Beranda Edukasi Ansambel Musik TK Perguruan “Cikini”: Pentingnya Pembinaan Musik Bagi Perkembangan Jiwa Anak

Ansambel Musik TK Perguruan “Cikini”: Pentingnya Pembinaan Musik Bagi Perkembangan Jiwa Anak

3904
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Tek dung..tek tek dung… dug.. dug.. dug.. creshhh… demikian gemuruh bunyi alat-alat musik yang dibawakan oleh Group Ansambel Musik TK Perguruan “Cikini” (Percik). Mereka tengah sibuk berlatih. Kelompok Ansambel anak-anak ini seringkali mengisi acara dalam berbagai event, diantaranya berkolaborasi dengan konser-konser musik yang diadakan oleh Orkestra Perguruan “Cikini”.

TK Percik memasukkan pendidikan serta pembinaan musik sebagai salah satu nilai plus. Ini dilakukan bukanlah bermaksud untuk menjadikan anak menjadi seorang pemusik di kemudian hari, namun lebih menekankan pada sisi apresasi seni, dan yang tidak kalah penting adalah nilai-nilai yang terkandung dalam bermain musik itu sendiri.

Bermain musik melatih anak-anak untuk menjaga kekompakan satu dengan yang lain. Mengapa, karena sebuah kelompok musik harus menyajikan komposisi musik dengan bunyi yang saling bersahutan antara alat musik tertentu untuk saling melengkapi dengan bunyi alat musik lainnya. Bermain musik juga perlu kepatuhan dalam menghargai seorang pimpinan, dalam hal ini conductor. Kemudian musik juga melatih kedisiplinan. Bermain musik memerlukan disiplin yang tinggi, mulai dari disiplin membaca serta menguasai notasi, tidak boleh melakukan kesalahan dalam membawakannya, pun disiplin dalam menjaga keseimbangan ketika bermain bersama-sama dalam sebuah group. Lebih dari itu musik juga sangat efektif dalam melatih kecerdasan. Notasi-notasi serta berbagai aturan yang tertera dalam teks

Musik atau repertoar menuntut para pemainnya mematuhinya dengan baik agar komposisi bunyi terdengar sempurna sesuai konsep seorang komposer saat menciptakannya.

Nunung Nurhayati, S. Pd, Kepala TK Percik menyampaikan bahwa Ansambel Musik TK Percik didominasi dengan alat-alat perkusi, baik yang bernada maupun tidak bernada, ditambah dengan beberapa anak yang bermain pianika untuk melatih para siswa mengenal nada-nada serta mengaplikannya ke dalam instrumen, meski dalam skala terbatas.

LEAVE A REPLY